Pencarian lainnya

PTK

PENJELASAN KOMPONEN POKOK LAPORAN PTK

Sumber: Asrori, Mohammad (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima

Abstrak
Menguraikan dengan ringkas unsur-unsur permasalahan, tujuan, prosedur dan hasil penelitian

Pendahuluan
Memuat unsur latar belakang masalah, data awal tentang permasalahan pentingnya masalah dipecahkan, identifikasi masalah, analisis dan rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta definisi istilah bila dianggap perlu.

Kajian Pustaka
Menguraikan teori terkait dan temuan penelitian yang relevan yang memberi arah ke pelaksanaan PTK dan usaha peneliti membangun argumen teoritik bahwa dengan tindakan tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran, bukan untuk membuktikan teori. Bab ini diakhiri dengan pertanyaan penelitian dan/atau hipotesis tindakan.

Pelaksanaan Penelitian
Mengandung unsur: deskripsi lokasi, waktu, mata pelajaran, karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek penelitian. Kejelasan tiap siklus: rancangan, pelaksanaan, cara pemantauan beserta jenis instrumen, usaha validasi hipotesis dan cara refleksi. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional dan feasible serta collaborative.

Hasil Penelitian dan Pembahasan
Menyajikan uraian masing-masing siklus dengan data lengkap, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi yang berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Perlu ditambahkan hal yang mendasar yaitu hasil perubahan (kemajuan) pada diri siswa, lingkungan, guru sendiri, motivasi dan aktivitas belajar, situasi kelas, hasil belajar. Kemukakan grafik dan tabel secara optimal, hasil analisis data yang menunjukkan perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.

Kesimpulan dan Saran
Menyajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan penelitian. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan pembahasan hasil penelitian.

Daftar Pustaka
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian secara alphabetis.

Lampiran-Lampiran
Memuat instrumen penelitian, personalia tenaga peneliti, riwayat hidup masing-masing peneliti, data penelitian, dan bukti lain pelaksanaan penelitian.

FORMAT PENILAIAN HASIL PTK

Nama penelitian :

Perguruan Tinggi :
Bidang Studi :
Judul Penelitian :

ABSTRAK
Terlihat jelas 3 unsur pokok:
·          latar belakang
·          tujuan
·          prosedur dan hasil

PENDAHULUAN
Terlihat jelas beberapa unsur pokok:
·          Latar belakang (deskripsi masalah, data awal yang menunjukkan akar terjadinya masalah, deskripsi lokasi dan waktu, pentingnya masalah dipecahkan)
·          Rumusan masalah
·          Tujuan
·          Manfaat

KAJIAN TEORI/ PUSTAKA
Terlihat jelas beberapa unsur pokok:
·          Ada teori-teori terkait yang memberi arah/petunjuk kepada pelaksanaan PTK
·          Ada usaha-usaha penulis membangun argumen teoretik bahwa tindakan tertentu dimungkinkan bisa meningkatkan mutu KBM
·          Pertanyaan penelitian/hipotesis tindakan (kalau perlu)

PELAKSANAAN PENELITIAN
Terlihat jelas beberapa unsur pokok:
·          Deskripsi tahapan siklus penelitian.
·          Penggunaan instrumen,
·          usaha validasi hipotesis tindakan,
·          Cara refleksi
Tindakan yang dilakukan bersifat:
·          Rasional, artinya berbasis pada akar penyebab masalah
·          Feasible (dapat dilaksanakan-tidak ambisius), artinya tindakan tersebut terdukung oleh faktor-faktor waktu, biaya dan sarana/pra-sarana
·          Collaborative, artinya dosen memaksimalkan kerja sama dengan guru sebagai mitra setara.
·          Jumlah siklus lebih dari satu

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
·          Disajikan dalam bentuk siklus dengan data lengkap:
Siklus I
·          Perencanaan: diuraikan TINDAKAN yang khas yang dilakukan terlihat bedanya dengan pembelajaran biasa.
·          Pelaksanan: diuraikan pelaksanaan tindakan
·          Pengamatan: disajikan hasil pengamatan dari berbagai instrumen. Hasil authentik disajikan
·          Refleksi: berisi penjelasan tentang aspek keberhasilan dan kelemahan dan rencana berikutnya . MENGAPA BERHASIL (TIDAK), APA YANG PERLU dilakukan untuk siklus berikutnya.
Siklus II (idem) Siklus III (idem) Perlu ditambahkan hal-hal yang mendasar berikut ini:
·          Disajikan hasil perubahan (kemajuan) pada diri peserta didik, lingkungan dan peneliti
·          Tabel, grafik/statistik deskriptif dioptimalkan
·          Terdapat analisis data menyajikan perubahan pada peserta didik, lingkungan kelas/sekolah dan peneliti.
·          Triangulasi dioptimalkan untuk memvalidasi potret proses dan hasil perubahan (kemajuan)
Pembahasan
·          Ada ulasan tentang perubahan yang dihasilkan dari tiap siklus dan keseluruhan siklus

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
·          Hasil riset (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan
·          Ada saran untuk riset, tujuan riset, dan hasil riset (potret kemajuan)
·          Ada saran untuk penerapan hasil (suggestion)

DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN
·          Penulisan sesuai aturan APA, MLA, Turabian secara konsisten.
·          Kelengkapan lampiran

Tidak ada komentar:

Mari Berbagi, Berbagi itu Indah...

Anda ada ide bagus dan menarik?, dan ingin ide Anda tersebut diketahui dan dibaca banyak orang?, mari ikutan berbagi... !.
"BERBAGI ITU INDAH"
Anda dapat "mengirimkan ide/karya menarik berupa tulisan/gambar/video" ke Email kami.

Karya Anda akan dipublikasikan melalui Blog ini..
catatan: Karya/ide Anda sudah harus final.. trims atas partisipasinya.
Kirim sesuatu ke Blog ini