Pencarian lainnya

Penggunaan Dropbox


Dropbox: Simpan dan Buka Files kapan saja dan dari mana saja online dengan Sinkronisasi Otomatis
 
Dropbox, website ini menyediakan jasa penyimpanan/upload dan berbagi file (file sharing), tidak jauh berbeda dengan 4shared, Mediafire dan lain-lain. Saat ini Dropbox telah hadir dengan berbagai fitur yang lebih canggih dlm memudahkan proses penyimpanan, pengamanan, begitupun mengakses dan membuka file-file yg kita simpan di dalamnya dari mana saja, baik  melalui device (PC, Laptop, Notebook, Smartphone, Tablet, Gadget) yang terhubung ke akun Dropbox kita. Dropbox juga untuk dapat berbagi document/files dengan teman, kolega, klien ataupun siap saja yg kita sukai.  Asiik kan?
Sekarang,, mari kita membuat akun dropbox, download dulu aplikasi Dropbox-nya dan instal di salah satu PC/laptop kita. Saat proses instalasi kita akan diminta untuk meng-create 1 folder dengan nama dropbox di komputer kita (akan diarahkan oleh Dropbox ke user).
Hebatnya lagi, selama komputer kita terhubung secara online, apapun document/files yang kita simpan dalam folder dropbox ini secara otomatis akan terupload diam-diam dan akan berjalan di background ke akun website Dropbox kita, tanpa perlu mengupload dan sebagainya. Mudah kan?
Selain itu, misalnya kita sedang bekerja pada document/files dalam folder Dropbox, maka setiap kali kita merubah dan menyimpan files, secara otomatis akan langsung tersinkronisasi ke dokumen yang ada di akun website Dropbox kita.
Seberapa cepat proses sinkronisasinya? Ini bergantung pada besar file dan kecepatan koneksi internet yang kita pakai. Begitupun saat kita bekerja mengupdate dokumen tanpa terhubung ke internet kapan saja, maka begitu komputer terkoneksi (online) file-file di folder Dropbox kita akan otomatis tersimpan dan tersinkronisasi ke akun Dropbox kita. Bagaimana, siip kan?  Tapi masih ada lagi lainnya.
Jika kita menggunakan beberapa komputer, misalnya 1 pc di rumah, 1 pc di kantor dan 1 laptop yang kita bawa untuk bertemu klien dan sebagainya, instal saja aplikasi Dropbox pada ketiga device kita tersebut, dan ketika login gunakan Akun yang sama. Dengan cara ini, ketika kita membuka salah satu komputer, documents apapun yang kita simpan di akun dropbox akan berada di semua komputer tadi. Intinya, smua files dalam akun Dropbox kita dapat diakses dan diedit kapan saja dan di mana saja..
Aplikasi Dropbox juga tersedia bagi pengguna smartphone dan tablet (Android, iOS, Blackberry) untuk mengakses dokuments di Dropbox, tapi tidak otomatis tersinkronisasi, karena dapat terjadi penyimpanan files yang terlalu byk dan berukuran besar, jika tersinkronisasi secara otomatis maka memori device kita bisa hang/error/rusak. Files kita di dropbox juga dapat diakses dengan mudah melalui Gadget kita.

Keuntungan-keuntungan Penggunaan Dropbox antara lain :
  1. Memudahkan pekerjaan.  Kita sering kali bekerja dengan banyak computer, sebagai contoh: kita bekerja menggunakan PC di kantor kemudian melanjutkan di rumah, baik menggunakan PC atau laptop, maka kita cukup mengakses files yang terakhir disimpan/diupdate.
Sebelum menggunakan Dropbox, ketika selesai bekerja di salah satu komputer, hasil update terakhir harus dicopy ke flashdisk dan dipindahkan ke komputer lainnya untuk dilanjutkan nanti, dengan bgitu berarti terdapat tiga files/document pekerjaan yang berbeda di dalam tiga komputer. Begitu banyaknya pekerjaan, terkadang kita lupa mana files yang terakhir di update, salah2 kita bisa saja memberikan document draft kepada clien atau kolega kita.
Nah, dengan Dropbox, apapun files yang kita kerjakan di salah satu komputer akan otomatis tersinkronisasi begitu membuka komputer lainnya, ketika kita akan melakukan share atau presentasi hasil pekerjaan kepada klien ataupun kolega, files hasil pekerjaan terakhir sudah pasti ada terdapat di laptop kita. Begitu mudahnya kan?
  1. Mengamankan file-file penting. Semua documents/files yang kita kerjakan pada folder dropbox dan kita simpan akan langsung terupload secara otomatis ke Akun Dropbox kita, tanpa perlu khawatir error/rusak/hilang data (semoga tidak terjadi) ketika laptop/komputer kita hilang atau rusak. Documents kita akan selalu aman di akun server Dropbox.
  2. Bisa berbagi file (file sharing). Bila ingin berbagi files, kita tinggal create link pada file-file tertentu yang akan dishare ke orang lain atau dengan cara membuat Share Folder untuk diakses oleh orang-orang yang kita izinkan
  3. Mengerjakan dokumen secara tim. Hebatnya, melalui akun yang sama, dokuments dalam dropbox kita bisa dikerjakan secara tim, siapa saja yang terakhir merubah dokument, maka document terakhir yang disimpan tersebut akan terupdate di komputer tim lainnya.
  4. Dapat diakses kapan saja dan dimana saja.
Dengan dropbox juga, document apa saja (dalam folder dropbox PC kita) yg dibutuhkan selalu siap untuk diakses, dimanapun dan kapanpun.. syaratnya sederhana kita hanya perlu online dan masuk ke akun web Dropbox kita.. aman kan?

Penggunaan Dropbox:
1.  Download Dropbox nya (dan ikuti prosesnya)
2.  Jalankan program instalasi yang telah selesai didownload,  klik Run saja.
3.  Proses instalasi akan di mulai. Klik “Install” untuk memulai.
4.  Pilihan apakah kita sudah punya account atau belum?.
5.  Jika kita sudah punya account tinggal masukkan email dan password untuk login, bila belum silahkan isi create account Dropbox.
6.  Tunggu sebentar proses login atau pendaftarannya, untuk pertama kali pilih saja sulu Free, untuk free space 2 GB. Selanjutnya, bila memang sgt diperlukan kita dapat melakukan upgrade ke situs webnya.
7. Berikutnya kita memilih proses instalasi, yaitu “Typical” atau “Advanced”? bedanya, kalau Typical proses instalasi akan membuat folder Dropbox secara otomatis di folder Document, kalau memilih Advanced kita bisa menentukan sendiri lokasi folder Dropbox kita. Kemudian klik next dan pilih folder (klik tombol “Change“).
8. Terakhir akan tampil “Tour” untuk mengenalkan fitur-fitur Dropbox, silahkan klik Skip saja. Proses instalasi selesai. Langsung masuk dulu sebagai upaya percobaan untuk mengcopy files ke dropbox kita.
Silahkan Install Dropbox tersebut di semua computer yang kita gunakan atau gadget kita. Simpan atau Copykan semua files pada computer kita tunggu hingga proses sincronisasi files pada akun web dropbox kita selesai. Kemudian files tersebut akan dapat dilihat pada dropbox computer yg lainnya. Sangat mudah..
Selamat mencobaaa... Salam.

Tidak ada komentar:

Mari Berbagi, Berbagi itu Indah...

Anda ada ide bagus dan menarik?, dan ingin ide Anda tersebut diketahui dan dibaca banyak orang?, mari ikutan berbagi... !.
"BERBAGI ITU INDAH"
Anda dapat "mengirimkan ide/karya menarik berupa tulisan/gambar/video" ke Email kami.

Karya Anda akan dipublikasikan melalui Blog ini..
catatan: Karya/ide Anda sudah harus final.. trims atas partisipasinya.
Kirim sesuatu ke Blog ini